Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus

3 min read

Media penyimpanan pada gadget yang dimiliki sangatlah terbatas dan akan tiba waktunya kapasitas yang ada tidak mampu lagi digunakan untuk menyimpan file yang Anda butuhkan. Karenanya memory yang ada baik pada android , pc dan laptop harus diperiksa dan hapus file-file yang tidak dibutuhkan. Namun, ada kalanya beberapa file tersebut tidak bisa dihapus dikarenakan sistem error, virus dan lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkanlah cara menghapus file yang tidak bisa dihapus pada berbagai gadget tersebut sehingga memori yang ada menjadi lebih luas dan dapat Anda gunakan kembali.

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus

Pada PC atau Laptop

File ataupun folder yang ada pada direktori laptop ataupun pc memiliki banyak fungsi bergantung kepada program yang di install. Namun, ada kalanya suatu file dan folder tidak bisa dihapus karena terjadi kesalahan sistem, proses instalasi ataupun uninstall yang tidak komplit, virus dan masih banyak lagi lainnya. File ini tentu sangat mengganggu karena akan mengurangi kapasitas penyimpanan pada gadget Anda. Oleh karena itu, cara menghapus file yang tidak bisa dihapus sangat diperlukan untuk menangani hal tersebut. Caranya antara lain:

Menghentikan Program Tersebut Secara Paksa

Beberapa file tertentu tidak dapat dihapus dikarenakan program yang berkaitan dengan file tersebut masih aktif. Karenanya Anda perlu menghentikan proses program tersebut secara paksa. Langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan pada mouse di bagian bawah taskbar di halaman layar komputer Anda.
  • Pilihlah task manager.
  • Pilihlah bagian processes.
  • Kemudian akan muncul berbagai program yang aktif dijalankan di komputer Anda.
  • Pilih salah satu program yang ingin dihapus.
  • Setelah itu kliklah end process.
  • Setelah program diberhentikan, buka kembali file yang ingin dihapus dan hapuslah secara manual.
  • Jangan lupa untuk memeriksa recycle bin karena file yang dihapus kebanyakan akan ditampung dulu di tempat ini sebelum dihapus secara permanen.

Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus ini hanya berlaku pada kasus tertentu sehingga Anda harus memiliki cara lain sebagai alternatif. Cara yang dapat digunakan bisa memakai software ataupun tidak bergantung kepada kesukaan Anda.

Mengubah User Account

Salah satu cara menghapus file yang tidak bisa dihapus adalah dengan mengganti user account melalu administrator. Cara ini bisa digunakan jika komputer yang digunakan dapat dipakai oleh orang banyak seperti di warnet. Namun, cara ini tidak akan berhasil untuk komputer pribadi karena sebagian besar orang akan malas untuk mengubah-ubah user account atau install windows baru karena akan memakan banyak kapasitas memori HDD.

Restarting Komputer

Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus berikut ini merupakan yang paling mudah digunakan. Bahkan cara ini merupakan upaya pertama yang dapat Anda lakukan jika komputer yang dipakai mengalami kesalahan program. Caranya cukup mudah tinggal tekan tombol start kemudian tekan tAnda anak panah di samping tombol shutdown, setelah itu akan muncul berbagai pilihan setelah itu tekanlah restart. Tunggu beberapa saat sampai komputer hidup kembali dan coba hapus file yang tidak bisa dihapus sebelumnya. Walaupun mudah, namun cara ini tidak selamanya berhasil sehingga Anda harus menggunakan cara lain yang lebih baik.

Menggunakan Software Unlocker

Jika menggunakan tiga cara sebelumnya tidak berhasil, maka cara berikutnya adalah dengan menggunakan software unlocker yang dapat Anda download dan install dengan mudah. Tinggal search saja di Google dan Anda akan menemukan banyak situs yang menyediakan software ini. Langkah penggunaan software ini adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan install software tersebut terlebih dahulu.
  • Setelah selesai, klik file ataupun folder yang tidak bisa dihapus di direktori penyimpanan yang Anda miliki.
  • Kemudian klik kanan pada mouse Anda dan arahkan pada file terkunci tersebut.
  • Kemudian klik pilihan unlocker.
  • Software ini kemudian akan unlock file yang tidak bisa dihapus yang mungkin disebabkan adanya program yang berkaitan, virus ataupun lainnya.
  • Setelah itu akan muncul tampilan eksekusi yang dapat Anda pilih untuk menghapusnya langsung atau dibiarkan saja.
  • Setelah itu tekan OK.

Baca juga : Cara mengetahui password wifi

Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di atas sangat efektif dan mudah digunakan. Oleh karena itu, cara ini sangat dianjurkan jika Anda tidak begitu memahami berbagai istilah program komputer ataupun bagi Anda yang khawatir akan merusak sistem operasi jika sembarangan mengotak-atik suatu file.

Pada Android

Selain komputer atau laptop, gadget lainnya yang banyak digunakan merupakan smartphone android yang memiliki kapasitas lebih sedikit. Oleh karena itu, Anda harus bijak menggunakan kapasitas penyimpanan yang ada. Layaknya komputer, android juga memiliki berbagai file yang tidak bisa dihapus dikarenakan berbagai hal. Oleh karena itu, cara menghapus file yang tidak bisa dihapus pada android juga perlu untuk diketahui. Adapun cara yang ada adalah sebagai berikut:

Menggunakan Aplikasi SD Card Cleaner Ataupun Clean Master

Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di android dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi SD Card Cleaner ataupun Clean Master. Untuk Clean Master proses penghapusan file sangat mudah, Anda hanya perlu menekan 1 Tap Boost pada layar dan aplikasi tersebut akan menghapus berbagai junk file sekaligus meringankan beban RAM. Namun, untuk memakai SD Card Cleaner diperlukan langkah sebagai berikut:

  • Download dan installah aplikasi ini terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka aplikasinya dan klik tombol start dua kali agar proses scanning file dapat dilakukan.
  • Kemudian akan muncul tampilan perizinan untuk melanjutkan proses scanning. Izinkan dan tampilan tersebut akan tertutup dengan sendirinya.
  • Setelah menunggu beberapa saat akan muncul tampilan aplikasi file yang ingin dihapus. Kemudian tAndai file tersebut dan tekan tombol Delete.
  • Setelah akan muncul pilihan untuk melanjutkan proses penghapusan file. Jika telah yakin tekan Yes dan file akan terhapus dengan sendirinya.

Menggunakan Aplikasi Files GO

Aplikasi ini merupakan versi bawaan pada masing-masing android yang dimiliki. Untuk masuk ke aplikasi Files GO Anda harus masuk ke penyimpanan melalui setting. Setelah itu tekanlah tombol kosongkan ruang dan Anda akan masuk ke tampilan aplikasi Files GO. Adapun langkah penggunaan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Jika ternyata Anda tidak memiliki aplikasi ini maka segera download dari Google Playstore dan install.
  • Kemudian akan muncul tampilan yang menyatakan bahwa file penyimpanan Anda bisa dikurangi dengan besaran tertentu. Kemudian tekan tombol hapus.
  • Kemudian klik konfirmasi dan aplikasi akan berjalan menghapus file yang tidak diperlukan.

Itulah cara menghapus file yang tidak bisa dihapus yang dapat Anda gunakan baik pada komputer ataupun android yang dimiliki. Memakai cara ini akan memperluas kapasitas memori sehingga Anda bisa menggunakannya kembali untuk menyimpan file yang lebih penting. Selain itu, Anda juga bisa install aplikasi atau software lainnya yang dapat menunjang kinerja dengan lebih baik jika kapasitas memori yang dimiliki mencukupi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *