Cara Menggabungkan File PDF Jadi Satu

4 min read

PDF atau Portable Document Format merupakan suatu berkas yang tersimpan dengan format sebagaimana dikembangkan Adobe Systems bertujuan untuk memudahkan keperluan mengirimkan dokumen secara digital. Saat ini PDF sangat umum digunakan dalam berbagai dokumen digital. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, bahkan beberapa file yang sebelumnya menggunakan format word beralih kepada PDF. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggabungkan file PDF sehingga tidak perlu lagi memusingkan bagaimana harus menyatukan beberapa file PDF menjadi satu.

Cara Menggabungkan File PDF Menggunakan Aplikasi

Sejatinya, tujuan dari menggabungkan file PDF adalah untuk memudahkan pengecekan dan pengiriman berkas. Akan merepotkan jika beberapa file PDF harus dikirimkan satu per satu, apalagi jika jumlahnya lumayan banyak. Oleh karena itu agar lebih praktis dilakukanlah penggabungan file. Cara penggabungan file PDF bisa dengan menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk penggabungan file PDF menggunakan aplikasi.

Adobe Reader

Cara Menggabungkan File PDF dengan Adobe Reader
Adobe Reader

Sebagai sebuah program yang dikembangkan oleh Adobe Systems, tentu Adobe Reader pun menyediakan aplikasi dalam aktivitas pengolahan file PDF. Menggabungkan file PDF melalui Adober Reader tidak sulit dilakukan.

Setelah aplikasi terinstal dalam PC, yang perlu Anda lakukan pertama adalah buka aplikasi tersebut dan klik pada tab Tools yang letaknya berada pada bagian pojok kiri aplikasi. Setelah itu klik pada tombol Combine Files. Klik Add Files untuk menambahkan beberapa file PDF yang akan ada gabungkan menjadi satu.

Setelah Anda memilih dan menambahkan file, klik pada tombol Combine. Jika file PDF telah berhasil digabungkan, Anda bisa menyimpan file baru hasil penggabungan di folder yang diinginkan dengan cara menekan tab File kemudian Save As.

Foxit Reader

Cara Menggabungkan File PDF dengan Foxit Reader
Foxit Reader

Menggabungkan file PDF juga bisa melalui Foxit Reader, atau yang kemudian disebut juga sebagai Foxit Phantom PDF. Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam hal penggabungan file dan lumayan banyak digunakan oleh berbagai kalangan di seluruh dunia.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk penggabungan file melalui Foxit adalah buka aplikasi, kemudian pilih menu File. Selanjutnya klik pada Create dan From Multiple Files. Tunggu hingga muncul window baru. Jika sudah, centang Mergle multiple files into a single PDF file yang terletak pada bagian bawah window.

Apabila ingin memilih dan menambahkan beberapa file, Anda bisa klik pada Add Files hingga file-file yang akan digabungkan menjadi satu telah diunggah ke dalam Foxit. Jika sudah berhasil, selanjutnya Anda perlu mengurutkan file yang telah diunggah. Klik Convert setelah selesai mengatur urutan file. Selanjutnya Anda bisa menyimpan file baru hasil kombinasi pada drive yang diinginkan.

Nitro PDF

Cara Menggabungkan File PDF dengan Nitro PDF
Nitro PDF

Nitro PDF merupakan salah satu software praktis yang dirancang untuk membuat dan menyunting file berformat PDF. Aktivitas menyunting ini bisa berupa menggabungkan file PDF secara mudah tanpa perlu ribet.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal aplikasi Nitro pada perangkat PC Anda. Aplikasi ini berbayar, sehingga jika masih dalam tahap mencoba, Anda bisa menggunakan Nitro secara trial version. Biasanya versi trial bisa dipakai selama 14 hari, setelah itu Anda akan diarahkan untuk menggunakan yang versi pro.

Setelah aplikasi terpasang, buka Nitro PDF dan pilih bagian Combine. Selanjutnya klik Add Files untuk memilih dan menambahkan file yang akan digabungkan. Setelah menambahkan, atur urutan dan posisi file yang akan digabungkan. Jika sudah, klik Create dan tunggu hingga Nitro selesai menggabungkan file. File hasil penggabungan akan terbuka dan tersimpan secara otomatis pada drive Anda.

Baca juga :

Adobe Acrobat

Cara Menggabungkan File PDF dengan Adobe Acrobat
Adobe Acrobat

Adobe Acrobat merupakan salah satu software yang dibesut oleh Adobe Systems membuat dan mengolah file PDF, termasuk menggabungkannya. Untuk menggabungkan file PDF menggunakan Adobe Acrobat ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Bukalah aplikasi Adobe Acrobat yang telah terinstal pada perangkat PC Anda. Setelah terbuka, klik pada tombol Create yang terletak di toolbar utama. Jika tidak ditemukan tombol Create PDF, cobalah buka menu View yang terdapat pada toolbar, kemudian pilih Task dan selanjutnya pilih Show All Task Buttons.

Setelah itu, pilih Combine Files into a single PDF yang terdapat pada Create. Menu ini bertujuan untuk mengkombinasikan beberapa file dokumen Anda untuk digabungkan menjadi satu PDF. Selanjutnya klik Browse untuk mencari dan memilih dokumen yang akan digabungkan. Jika sudah, klik OK dan atur posisi/urutan dokumen.

Setelah selesai diurutkan, klik Combine Files dilanjutkan dengan tekan OK. Tunggu hingga proses penggabungan selesai. Anda bisa menyimpan file hasil penggabungan dengan cara Save As dan pilih lokasi penyimpanan serta nama file PDF yang baru.

Aplikasi Android

Menggabungkan file PDF juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi dari perangkat Android. Beberapa aplikasi yang biasanya dipakai adakah Xodo Android dan PDFelement Android. Keduanya tidak terdapat perbedaan signifikan dalam menggunakannya.

Xodo merupakan salah satu aplikasi Adobe Reader yang tersedia di Play Store dan memiliki nilai rating tinggi. Untuk melakukan penggabungan file melalui Xodo Anda bisa mulai dengan membuka aplikasinya. Klik tombol + yang terdapat pada bagian sudut kanan bawah.

Selanjutnya klik PDF from Documents. Anda bisa memilih beberapa file yang akan digabungkan, kemudian klik tombol Merge yang terletak pada pojok bawah. Beri nama untuk file hasil penggabungan dan tentukan di folder mana Anda akan menyimpan hasil kombinasi PDF.

Untuk menggabungkan file PDF menggunakan PDFelement langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan Xodo. Pertama buka aplikasi PDFelement yang sudah terinstal pada perangkat Android Anda. Pilih fitur Combine PDF dan pilih file-file mana saja yang akan digabungkan. Caranya dengan klik Browse dan pilih file dari penyimpanan Anda. Atau bisa juga dengan cara drag and drop file. Jika sudah, kemudian klik Next.

Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sembari aplikasi tengah menggabungkan file. Jika sudah, file hasil kombinasi akan tersimpan secara otomatis pada drive Anda. Cara ini relatif lebih cepat dan praktis sehingga Anda tidak perlu ribet untuk menggabungkan file-file PDF.

Cara Menggabungkan File PDF Tanpa Menggunakan Aplikasi

Jika Anda termasuk orang yang tidak suka menggunakan berbagai aplikasi, bisa juga menggabungkan file PDF dengan menggunakan koneksi internet. Anda tidak perlu menginstal aplikasi, dan hanya cukup mengunjungi situs-situs yang memiliki fitur untuk penggabungan file PDF secara online. Syaratnya Anda harus terhubung dengan internet untuk bisa mengaksesnya.

Ada berbagai situs yang menyediakan kemudahan penggabungan file PDF. Anda bisa mencarinya di search engine, dan hasilnya akan ditampilkan beberapa situs untuk combine PDF.

CombinePDF.com

Salah satu situs yang sering saya gunakan yaitu combinepdf. Alasan saya menggunakannya yaitu sangat mudah digunakan karena anda hanya tinggal mengupload file pdf anda, maka akan otomatis terunduh hasil pdf yang telah di gabungkan, apabila masih belum mengerti anda bisa mengikuti langkah berikut :

  1. Kunjungi combinepdf.com
  2. Upload pdf anda dengan menekan tombol Upload Files atau bisa juga dengan mendrag pdf anda kedalam kotak yang telah di sediakan.

    Cara Menggabungkan File PDF dengan CombinePDF.com
    Proses upload dan combine
  3. Setelah itu klik tombol Combine Files, maka otomatis pdf akan terunduh.

SmallPDF.com

Sebenarnya, situs yang menyediakan untuk menggabungkan file pdf sangat banyak dan fiturnya juga hampir mirip. Oleh sebab itu anda dapat memilih sendiri dengan kesukaan anda terhadap tampilan masing-masing situs menggabungkan pdf ini.

PDFMerge.com

Sama serperti situs di atas, tetapi pdfmerge.com lebih sedikit ribet karena diharuskan untuk mengupload satu persatu pdf yang ingin anda gabungkan tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggabungkan file PDF. Cara-cara tersebut relatif mudah dilakukan, sehingga Anda tidak perlu lagi berpusing ria jika ingin menggabungkan beberapa dokumen PDF menjadi satu file.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *