Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna

Printer kerap sekali memberikan masalah yang baru, berbagai masalah yang sering terjadi yaitu warna printer yang tidak sempurna sehingga membutuhkan penanganan khusus untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, kami memberikan solusi kepada anda dengan memberikan informasi mengenai cara mengatasi warna tinta printer tidak sempurna (khususnya epson).

Setiap orang yang memiliki printer pasti menghadapi masalah ini. Ketika anda sedang mencetak dokumen tetapi malah warnanya pudar atau tidak jelas. Tentu anda menginginkan bahwa warna yang dicetak sudah sesuai dengan harapan dong. Jika permasalahan warna printer tidak sempurna tidak anda perbaiki, maka tentunya akan mempengaruhi kualitas sebuah foto yang akan dicetak.

Permasalahan ini biasanya terjadi pada printer epson dengan berbagai tipe seperti ip2770, l120, l360 dan lainnya. Oh ya, sebelumnya saya juga telah membagikan cara reset printer canon ip2770 yang bisa anda coba ketika tutorial dibawah tidak berhasil.

Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna

Cara Mengatasi Warna Tinta Printer Tidak Sempurna

Jadi, bagaimana dong cara mengatasinya?

  1. Buka aplikasi Word terlebih dahulu dan klik “File” dan pilih “Print“.
  2. Klik Printer Properties atau Properties.
  3. Lalu Klik tombol “Maintenance” dan pilih “Cleaning“. (Pada saat proses cleaning sedang berjalan, maka cartridge tersebut sedang melakukan pemompoaan tinta agar dapat menyemburkan keluar, sehingga pada proses inilah tinta yang telah membeku pada lobang kecil yang akan dipaksa oleh cartridge untuk keluar. (Lakukan proses cleaning hingga beberapa kali sehingga warna cetak keluar dengan sempurna).
  4. Setelah itu, cek hasil cleaning tersebut dengan mengklik “Nozzle Check” yang ada di bagian tab dan klik “Printer Check Pattern” (Biasanya tab nozzle check akan otomatis keluar sendiri). (Jika hasil cetakan terputus-putus maka proses cleaning tersebut belum dapat dikatakan sempurna.
  5. Deep Cleaning – Proses untuk melakukan deep cleaning sama seperti proses cleaning diatas. Kamu bisa memilih “Deep Cleaning” pada tab Maintenance.

Jika dengan kedua cara diatas tidak berhhasil, maka kamu bisa melakukan cara manual dengan merendamkan cartridge kedalam air hangat sekitar beberapa menit. Tujuan dari perendaman ini yaitu mencairkan tinta yang telah membeku pada lubang injektor. Ini dapat dilakukan ketika kerusakan yang disebabkan oleh tinta karena sudah terlalu lama membeku.

Salah satu cara agar tidak membeku yaitu sering menggunakan printer dan tentunya mencetak seluruh warna. Selain itu, lakukan perawatan pada head cartridge dengan membersihkannya menggunakan tissue dengan minimal satu bulan sekali.

Tinggalkan komentar