Cara Mematikan Windows Defender Windows 10

3 min read

Cara mematikan windows defender windows 10 menjadi salah satu tutorial yang paling banyak di cari karena berbagai alasan, sebagai contohnya perbaharuan yang terus menerus yang dilakukan oleh microsoft sendiri membuat banyak pengguna merasa risih terhadap banyaknya update.

Windows defender merupakan sebuah antivirus yang dibuat oleh microsoft yang ada di setiap windows 10. Sebagai mana mestinya, antivirus dibuat dengan tujuan untuk melindungi komputer dari berbagai macam ancaman seperti virus, kode jahat, spyware, rootkit, dan ancaman berbahaya lainnya. Untuk masalah keamanan, windows defender sudah bisa dikatakan cukup bagus.

Namun, kekurangannya adalah windows defender tidak ada keamanan email dan internetnya dan juga firewall nya kurang kuat tidak seperti AVG internet security. Selain itu, ada 1 kekurangan lagi yang cukup mengganggu, windows defender suka menganggap file yang aman itu merupakan file yang berbahaya, kejadian ini sering terjadi disaat hendak menginstal aplikasi. Oleh karena itu, kita perlu terlebih dahulu untuk mematikan windows defender untuk bisa menginstal aplikasi. Bagi yang belum tahu caranya, berikut cara mematikan windows defender windows 10.

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Terbaru

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 - Keamanan
Windows Security

Karena kekurangan dari windows defender ini cukup mengganggu, maka di saat hendak menginstal aplikasi kita harus mematikan dulu windows defender. Tapi, masih banyak orang yang belum tahu caranya mematikan windows defender. Disini akan dijelaskan mengenai 2 cara mematikan windows defender windows 10 yang bisa Anda lakukan di rumah. Cara pertama yakni dengan menggunakan Registry Editor dan yang kedua Group Policy Editor. Untuk lebih jelasnya, berikut ini langkah-langkahnya.

Menggunakan Registry Editor

Cara mematikan windows defender windows 10 yang pertama adalah dengan menggunakan registry editor. Cara ini mungkin agak ribet dan pasti dibuat repot, karena Anda harus paham dengan perintah dari menu registry editor. Tapi jangan khawatir berikut langkah-langkah mematikan windows defender menggunakan registry editor.

Langkah pertama dalam cara mematikan windows defender windows 10 dengan menggunakan registry editor.

  • Tekanlah tombol CTRL+R untuk membuka aplikasi registry editor, lalu ketik regredit dan tekan enter.
  • Setelah menekan enter kemudian akan muncul pop up lalu pilih yes, maka aplikasi registry editor akan terbuka.
  • Setelah berhasil membuka aplikasi registry editor, lalu klik file HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows defender.
  • Temukan file bernama start atau disable anti spyware kemudian klik dua kali, lalu ubah value data yang semula dua menjadi empat.
  • Setelah itu klik OK, tunggu sebentar prosesnya. – Tahap akhir Anda tinggal restart komputer atau laptop, setelah nyala kembali windows defender telah berhasil di nonaktifkan.

Tapi ada sebagian kasus yang tidak menemukan file disable anti spyware. Nah, jika di komputer atau laptop yang Anda punya tidak terdapat file bernama disable anti spyware, ikutilah langkah berikut ini.

  • Pertama-tama tekan tombol kanan yang terdapat pada mouse, lalu akan muncul menu pintas atau shortcut menus.
  • Lalu klik menu new, setelah di klik lalu pilih DWORD.
  • Langkah terakhir Anda beri nama DWORD tersebut dengan nama disable anti spyware. Tinggal Anda klik dan ikuti langkah-langkah diatas tadi.

Baca juga :

Menggunakan Group Policy Editor

Jika barusan kita sudah bahas tentang cara mematikan windows defender windows 10 dengan menggunakan registry editor. Maka kali ini kita akan bahas cara mematikan windows defender dengan menggunakan group policy editor. Dengan menggunakan group policy editor ini sebenarnya lebih mudah daripada menggunakan registry editor, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama klik gambar windows pada status bar, lalu cari aplikasi windows defender security center dengan mengetik windows defender pada status bar tadi. Setelah itu bukalah aplikasi windows defender.
  • Jika aplikasi windows deferder security center berhasil dibuka, temukan menu virus and threat protection lalu klik menu tersebut sampai terbuka.
  • setelah jendela windows defender security center terbuka, maka Anda akan melihat informasi khusus tentang mengatasi malware dan virus yang dilakukan oleh windows defender. – Anda tinggal klik menu virus and threat protection settings.
  • Geser menu real time protection yang sebelumnya on menjadi off. Setelah itu akan muncul jendela selanjutnya
  • Setelah menggeser menu real time protection menjadi of, maka akan muncul pop up yang menanyakan Anda apakah Anda yakin untuk mematikan windows defender. Jika kamu yakin tinggal klik yes, maka windows defender otomatis telah dinonaktifkan

Cara Mengaktifkan Windows Defender

Dengan cara mematikan windows defender windows 10 tentunya sangat berbahaya bagi perangkat komputer atau laptop Anda, karena virus berbahaya dapat dengan mudah masuk ke perangkat komputer atau laptop. Maka dari itu, jangan terlalu lama menonaktifkan windows defender, segeralah aktifkan kembali setelah menonaktifkannya. Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali windows defender.

  • Pertama-tama bukalah menu setting dengan mengklik ikon setting yaitu roda gigi, atau Anda bisa menekan tombol windows+l di keyboard komputer atau laptop.
  • Setelah jendela setting terbuka pilihlah menu update and security.
  • Setelah itu, di jendela selanjutnya akan terdapat menu windows defender, lalu klik menu windows defender tersebut.
  • pada menu real time protection geserlah pengaturan yang sebelumnya off menjadi on untuk mengaktifkan kembali windows defender.

Sedangkan untuk cara mengaktifkan kembali windows defender dengan menggunakan registry editor sebenarnya setiap langkahnya sama seperti mematikan windows defendernya. Dari mulai langkah pertama hingga langkah ketiga sama, hanya saja yang membedakannya ialah pada saat di menu disable anti spyware. Jika saat kita ingin menonaktifkan windows defender kita harus merubah value yang semulanya 2 menjadi 4, maka untuk mengaktifkannya kembali Anda cukup membalikannya dengan mengubah value yang asalnya 4 menjadi 2 kembali dan ikuti langkah selanjutnya. Setelah itu windows defender otomatis akan aktif kembali.

Kesimpulan

Saat ini virus semakin banyak jenisnya dan semakin berbahaya, makanya setiap perangkat komputer atau laptop pasti tersedia  antivirus, berbicara antivirus khususnya di windows 10 ada antivirus yang bernama windows defender. Windows defender ini dapat bekerja dengan baik hanya saja kekurangannya yang menganggap suatu file atau aplikasi yang hendak diinstal yang sebenarnya aman itu bisa dianggap berbahaya. Makanya para pemilik windows 10 sering menonaktifkan windows defender hanya untuk menginstal aplikasi saja. Tapi jangan terlalu lama menonaktifkan windows defender, karena takutnya virus dapat masuk ke perangkat Anda.

Itulah penjelasan lengkap tentang cara mematikan windows defender windows 10. Anda bisa mengaplikasikan cara diatas jika memang dibutuhkan. Namun, penting juga untuk paham bagaimana cara mengaktifkan kembali windows defender agar tidak ada virus yang masuk ke laptop Anda. Bagaimana? setelah membaca artikel ini pastinya Anda sudah tahu cara menonaktifkan dan mengaktifkan kembali windows defender, sangat mudah bukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *